Mana yang lebih baik – kubis merah atau putih? Apa yang Anda pikirkan? Nah, jus kubis lebih baik daripada tidak sama sekali. Tapi, jika Anda memiliki pilihan untuk memilih, pilihlah kubis merah daripada kubis putih, karena kubis merah memiliki Vitamin C lebih banyak dari kubis putih.

Bahkan memiliki lebih banyak vitamin C daripada jeruk!, Beberapa penelitian menyatakan bahwa kubis merah mengandung senyawa antioksidan yang dikenal sebagai anthocyanin, senyawa flavonoid berpigmen merah yang memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk perawatan kulit, memerangi kanker dan memacu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Kubis merah juga pemenang konten Vitamin K serta glucosinolates, zat pelawan kanker.
Kubis Merah Vs Kubis Putih (Kohl)_2

Kubis Fermentasi

Nah, selain mengonsumsi kubis dengan cara membuat jus, langkah lebih lanjut dengan menggunakan kubis yang difermentasi, juga dikenal sebagai kimchi. Apakah kubis fermentasi itu? Kubis yang telah diparut, dilapisi dengan garam dan ragi/jamur tertentu (untuk fermentasi).

Fermentasi kubis memiliki kekuatan sebagai probiotik alami untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda dan itu adalah salah satu dari sepuluh makanan fermentasi untuk usus yang sehat.

Anda harus tahu bahwa probiotik alami mulai terbentuk pada kubis setelah beberapa hari fermentasi. Fermentasi kubis juga memiliki manfaat anti-kanker. Jika difermentasi secara alami, kimchi mengandung bakteri asam laktat, strain probiotik yang mengikat bakteri usus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara Membuat Juice Kubis
Anda akan membutuhkan bahan berikut:
• 3 cangkir cincang kasar kubis merah organik
• ¾ cangkir air
• 1 sendok teh garam laut
• Sebuah blender
• Sebuah botol kaca dengan tutup

Inilah yang perlu Anda lakukan:
Pertama, Anda perlu mengisi blender dengan kubis cincang, garam dan air.
Lalu, Anda perlu untuk mencampurkan bahan ini hingga lebih lembut pada kecepatan rendah sehingga Anda mendapatkan potongan-potongan kecil, bukan halus.
Sekarang, Anda perlu tuangkan campuran dalam stoples dan memungkinkan ruang untuk udara.
Tutup stoples dan biarkan campuran selama tiga hari pada suhu kamar.
Setelah tiga hari, Anda perlu menyaring campuran untuk memisahkan jus dan ampas.
Masukan jus yang difermentasi dalam lemari es dan minum ½ cangkir larutan ini dengan cara diencerkan dengan ½ cangkir air